Minggu, 13 Juli 2008

BANGUN TIDUR DENGAN HATI YANG BARU

Setiap pagi aku bangun tidur degan suasana hati yang baru. Ada roda perasaan yang terus-menerus berputar dalam diriku. Sukacita kemarin dapat menjadi kesedihan hari ini dan kesedihan hari ini akan berkembang menjadi sukacita dihari esok.
Tetapi aku tidak seperti pohon yang tergantung sepenuhnya pada cuaca. Aku dapat megendalikan perasaanku. Bila aku membawa sukacita, semangat, keceriaan, senyuman, maka orang lain akan menanggapinya dengan sukacita, semangat, keceriaan dan senyuman juga. Lemahlah orang yang hanya memikirkan pikiran dan perasaannya, mengedalikan tindakannya, kuatlah dia yang bertindak mengendalikan pikirannya. Aku kuat dan mampu mengendalikan pikiran dan perasaanku. Kala jiwau tertekan, aku akan bernyanyi. Kala merasa sedih aku akan teryawa. Kala sakit hati aku akan melipatgandakan kerjaku. Kala aku takut, aku akan maju ke depan. Kala aku merasa rendah diri, aku akan menegakkan badan. Kala aku merasa miskin, aku akan memikirkan kekayaan yang akan datang. Kala aku merasa tidak terampil, aku ingat keberhasilanku. Kala aku merasa tidak berguna, aku ingat tujuan hidupku.

Aku berhati-hati terhadap apa saja yang dapat meghancurkan hidupku. Kalau terlalu yakin, aku ingat kegagalanku. Kalau ingin memanjakan diri, aku ingat kelaparan dimasa lalu. Kalau sedang menikmati kebesaran, aku ingat saat-saat penuh rasa malu. Kalau menjadi sombong, aku akan ingat kelemahanku.

Aku juga akan mengenali suasana hati setiap orang yang kujumpai. Kalau hari ini dia marah dan muram, aku sadar bahwa besok ia akan seang dan ceria. Pengetahuan ini merupakan kunci menuju keberhasilan dalam setiap hubungan manusiawi.

Aku mewnguasai susasan hatiku, melalui tindakan-tindakan yang positif dan dengan itu aku mengedalikan nasibku. Aku menjadi penguasa diriku sendiri. Aku menjadi besar.◘





0 Comments: